AGU
19

Mahasiswa Akuntansi UHW Perbanas Raih Juara 1 Tax Debate Competition 2021

Kamis, 19 Agustus 2021     Dilihat: 806

Mahasiswa Program Studi Sarjana Akuntansi Universitas Hayam Wuruk Perbanas telah berhasil meraih Juara 1 Tax Debate Competition (Taxdec) 2021. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur 1 bersama Forum Tax Center Surabaya. Adapun tim mahasiswa berprestasi, yaitu: Berthalia Permata Putri, Ayu Nur Faizah, dan Dona Ambarsari.

Dihubungi usai meraih juara, salah satu mahasiswa, Berthalia Permata Putri mengatakan perlombaan tersebut menjadi pengalaman pertama bagi mereka dan meraih hasil membanggakan bagi almamater. Bertha bercerita, awalnya mereka merasa grogi dan bingung karena belum memiliki pengalaman lomba debat. ”Terlepas dari itu, kami terus belajar bersama dan berusaha memberikan yang terbaik. Hingga akhirnya, allhamdulilah kami ternyata lolos semifinal, lalu lolos juga ke babak final dan berhasil menjadi juara 1,” ceritanya sesudah pengumuman juara pada Kamis, 18 Agustus 2021 lalu.

Untuk mengikuti lomba, mereka harus mengumpulkan Essay yang ditentukan penyelenggara bertema “Manfaat Pajak bagi Pemulihan Ekonomi Nasional”. Lanjut Bertha, terpilih 4 tim terbaik masuk semi final dari perguruan tinggi ternama di Surabaya, salah satunya dari Universitas Hayam Wuruk Perbanas. ”Judul Essay kami adalah Peran Perpajakan di tengah jurang resesi,” jelasnya.

Saat masuk ke babak final melawan Unair, ketiga mahasiswa UHW Perbanas ini mendapat mosi tentang Pertimbangan Perubahan Tarif Pajak PPN dengan posisi kontra. Mereka merasa, dalam babak final suasananya terasa cukup panas untuk mempertahankan argumen tim masing-masing. ”Saat pembicara ketiga sebelum penutup, kami sempat mendapat 2 kali interupsi ketika menyampaikan argumen. Namun, allhamdulilah kami dapat menanggapi interupsi dengan baik dan tenang. Dan, pembicara penutup kami juga bisa dengan tegas menyampaikan kelebihan dibandingkan argumen lawan,” rinci mahasiswa angkatan 2019 itu.

Pihaknya pun sangat berterima kasih mendapatkan bimbingan yang baik dari sejumlah dosen di kampusnya. ”Harapannya, karena ini baru lomba pertama dan ke depannya masih ada banyak lomba yang akan diikuti semoga bisa menjadi awal yang baik. Selain itu, kami bisa menginspirasi serta memotivasi dan memberikan semangat kepada teman-teman lainnya yang sedang mempersiapkan atau mengikuti lomba,” harapnya. (eko/hms)

The Leading Business and Banking School



Dapatkan Informasi Disini