JUN
10

Unigo Berkunjung ke Hayam Wuruk Perbanas Ajak Kerja Sama

Kamis, 10 Juni 2021     Dilihat: 1355

Universitas Negeri Gorontalo (Unigo) melaksanakan kunjungan ke Universitas Hayam Wuruk Perbanas pada Kamis, 10 Juni 2021. Berlangsung di Ruang C401 Jalan Wonorejo Utara 16 Rungkut Surabaya, kegiatan ini bertujuan untuk memperluas jaringan kerja sama kedua institusi dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan.

Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Gorontalo, Irwan Yantu, S.Pd., M.Si., mengatakan pihaknya selama beberapa hari ini melakukan kunjungan ke sejumlah kampus di Jawa Timur. Salah satunya, Universitas Hayam Wuruk Perbanas pun jadi tujuan utama untuk berkerjasama dalam dua hal, yakni pertukaran mahasiswa maupun dosen dan pengelolaan jurnal. "Pertukaran mahasiswa sudah kami laksanakan 10 tahun lalu, salah satunya juga dengan kampus di Jawa Timur," ungkapnya.

Lanjutnya, dalam pengelolaan jurnal nantinya dikolaborasikan dengan pihak pengelola jurnal UHW Perbanas agar ke depan bisa meningkatkan predikat ke Sinta 2. Selain itu, Irwan pun menginginkan perjanjian kerja sama dijalankan sampai dengan level program studi. ”Di sini juga sudah ada ketua program studi Sarjana Manajemen dan Sarjana Akuntansi dari kami dan Perbanas,” tambahnya.

Selain Wakil Dekan II FEB, sejumlah delegasi yang ikut dalam kunjungan dari Universitas Negeri Gorontalo, di antaranya: Ketua Penjaminan Mutu FEB Unigo, Sudirman, S.Pd., M.Pd., Kaprodi S1 Akuntansi, Dr. Tri Handayani Amaliah, S.E., Ak., M.Si., CA., Kaprodi S1 Manajemen, Andi Juana, S.Pd., M.Sc., dan Tim BLU, Aselmus Leki, S.Kom.

Sementara itu, Wakil Rektor Universitas Hayam Wuruk Perbanas, Dr. Drs. Emanuel Kristijadi, M.M., menyambut baik atas kehadiran tamu di kampus yang sudah bertransformasi jadi universitas sejak 9 April 2021 lalu. Dirinya pun mengapresiasi ajakan terkait pertukaran mahasiswa dari Unigo. Pasalnya, pihaknya sudah pernah menjalankan pertukaran mahasiswa dari kemristekdikti pada tahun 2016 dengan kampus swasta di luar jawa. ”Nantinya perlu dipertimbangkan teknis dengan jajaran di fakultas ekonomi dan bisnis kami. Termasuk juga pertukaran dosen yang akan direncanakan tadi,” sambut Didik sapaan akrabnya kepada delegasi Unigo.

Dr. Lutfi, S.E., M.Fin., selaku Wakil Dekan I FEB UHW Perbanas Bidang Akademik, Penelitian dan Pengabdian, menambahkan secara prinsip pertukaran dosen bisa dilakukan. Tentunya nanti mengikuti proses pertukaran dari sisi kualifikasi yang dibutuhkan hingga pemetaan kebutuhannya. “Kondisi saat ini mungkin bisa pertukaran mahasiswa dengan pembelajaran secara daring. Untuk ke depan apabila kondisi memungkinkan dengan luring agar bisa memahami budaya daerah setempat,” tambahnya.

Kemudian, untuk tata kelola jurnal Lutfi mengusulkan bisa dengan mengajak dosen UHW Perbanas menjadi salah satu Editor di dalam Jurnal di FEB Unigo. Pasalnya, sudah banyak artikel-artikel dosen Universitas Hayam Wuruk Perbanas menembus Scopus sehingga bisa memenuhi kualifikasi sebagai Editor Jurnal. (eko/hms)

 

The Leading Business and Banking School



Dapatkan Informasi Disini