DES
07

Dua Mahasiswi Diploma 3 Akuntansi UHW Perbanas Raih Juara 3 Lomba Esai Nasional

Selasa, 07 Desember 2021     Dilihat: 653

Dua Mahasiswi Program Diploma 3 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hayam Wuruk Perbanas berhasil mengantongi juara. Mahasiswi tersebut bernama Ingki Firda Sari dan Yefian Rahma Adinita. Keduanya adalah tim yang meraih Juara 3 Lomba Esai Ajang Kreativitas Ilmiah Mahasiswa (Aklamasi) tahun 2021 oleh Universitas Pendidikan Ganesha Bali. Prestasi diperoleh berkat karya ilmiah atau esai mereka yang berjudul “E-Trac (Electronic Book of Traditional Culture) Inovasi Pengetahuan Kebudayaan Nasional.

Dihubungi usai menang, Yefian Rahma Adinita mengaku senang dan tidak menyangka. Pasalnya, saat pengumuman finalis pihaknya berada di posisi keempat. ”Ternyata saat pengumuman juara, kami bisa naik 1 tingkat. Prestasi ini tentunya sebagai awal kami untuk lebih semangat lagi membuat ide-ide yang lain,” kesan Yefian setelah Juara pada minggu lalu, Minggu (5/12).

Berkaitan dengan judul esai yang diangkat, kedua mahasiswi ini berinovasi untuk pembuatan E-book yang membahas tentang kebudayaan nasional Indonesia. Tujuannya, untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada seluruh lapisan masyarakat dan diharapkan dapat menjadi aset berharga yang harus dijaga eksistensinya.

“Dalam E-Book tersebut berisi tentang kebudayaan dan kesenian dari 34 provinsi di Indonesia. Konsepnya, di desain dengan corak batik dan juga disertai text box dan dialog tentang apa saja yang dibahas di halaman itu. Dialognya berisi dua percakapan tetapi menggunakan bahasa sesuai daerahnya” paparnya.

Lanjutnya, e-book tersebut disertai kekhasan setiap provinsi, msial: makanan khas daerah, bangunan peninggalan sejarah, dan lainnya. Adapun di akhir bab masing-masing provinsi terdapat barcode, yang berisi link media sosial seperti channel You Tube yang memperkenalkan budaya provinsi.

“Di bagian bonus ada review materi yg dibuat seperti Teka Teki Silang dan Puzzle, serta ada berita yang update selama 1 bulan sebelum e-book itu diterbitkan. Jadi, E-Book itu di-update setiap 1 bulan sekali. Kemudian e-book ini juga didukung sebuah komunitas yang dibentuk untuk mengenalkan dan mengembangkan e-book ke masyarakat melalui beragam media informasi yang mudah diakses, meliputi: website, game, aplikasi, dan lainnya,” tambahnya.

Atas capaian itu, mereka akan terus mengasah kompentensinya ke berbagai ajang lomba. Saat ini menjadi bahan evaluasi agar ke depannya bisa lebih baik. ” Untuk target ke depannya, kami akan mengikuti lomba-lomba essay atau paper lainnya dan semoga bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi,” harapnya. (eko/hms)

 

The Leading Business and Banking School



Dapatkan Informasi Disini