Sambutan Rektor

UHW Perbanas (Universitas Hayam Wuruk Perbanas) merupakan suatu Perguruan Tinggi terkemuka dengan tradisi akademik yang baik. Didirikan oleh Perbankan Nasional Swasta pada tahun 1970 dalam bentuk Akademi Ilmu Perbankan, selanjutnya pada 1982 menjadi Akademi Ilmu Perbankan dan Manajemen, tahun 1985 menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya, dan pada 2021 menjadi perguruan tinggi berbentuk  Universitas.  
 

UHW Perbanas dibangun atas dasar peningkatan kualitas yang berkesinambungan. Kepedulian akan kualitas ini tercermin dari implementasi sistem manajemen mutu berbasis sertifikasi ISO 9001: 2008 sejak tahun 2006, hingga penerapan Sistim Penjaminan Mutu Internal saat ini. Pengakuan akan prestasi luar biasa dibidang tata kelola dapat dilihat dari penghargaan yang diterima UHW Perbanas saat itu masih dalam bentuk Sekolah Tinggi sebagai Kampus Unggul dari LLDikti Jawa Timur tahun 2011, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017, 2018, 2019.  Secara nasional UHW Perbanas berada pada ranking 67 (2018), 70 (2019), dan 85 (2020) dari kurang lebih 4500 perguruan tinggi di Indonesia.

Dalam bidang pengajaran, UHW Perbanas telah mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Kurikulum ini dikembangkan melalui dana hibah dari Dikti tahun 2013. Melalui kurikulum ini, kompetensi lulusan akan sejalan dengan komptensi yang dibutuhkan oleh dunia industri. Untuk mendukung implementasi kurikulum ini, UHW Perbanas telah melakukan kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan (LSPP) untuk melakukan sertifikasi di bidang General Banking dan Manajemen Risiko Perbankan, serta menyediakan berbagai laboratorium yang dirancang sesuai dengan kebutuhan industri, seperti Laboratorium Bank, Laboratorium Akuntansi, Laboratorium Pasar Modal, Laboratorium Perpajakan, dan Laboratorium Manajemen.

UHW Perbanas juga membangun fondasi yang kuat dalam bidang penelitian. Pengakuan terhadap kualitas penelitian ini dapat dilihat dari berbagai aspek. Pada 2014 bidang penelitian UHW Perbanas telah memperoleh peningkatan status dari binaan menjadi madya. Pengakuan atas kualitas penelitian juga dapat dilihat dari keberhasilan dosen dalam memperoleh berbagai hibah penelitian dari DIKTI, penghargaan sebagai Penyaji Terbaik Seminar Hasil Penelitian Kompetitif Nasional (Stranas), insentif untuk penulisan artikel pada jurnal internasional, dan penerbitan artikel pada lembaga sitasi terkemuka.

Bersama dengan pengajaran dan penelitian, pengabdian kepada masyarakat juga menjadi program utama pengembangan STIE Perbanas Surabaya. Kami telah melakukan kolaborasi dengan berbagai industri, khususnya dalam penyediaan pelatihan bagi pegawai bank. Beberapa dosen juga ditunjuk sebagai tenaga ahli di berbagai bank. UHW Perbanas juga aktif terlibat dalam peningkatan manajemen usaha kecil dan menengah, yang pendanaannya didukung oleh hibah dari DIKTI.

Dalam rangka mewujudkan visi global dan meningkatkan daya saing lulusan, UHW Perbanas juga mengembangkan kerjasama internasional. UHW Perbanas telah bekerjasama dengan Lembaga Internasional, antara lain dengan Association of South East Asian Higher Learning (ASAIHL), Philippine Association of Institutionfor Research (PAIR), International Association of Multidisciplinary Research(IAMURE), Chandrakasem Rajabhat University, Sri Pathum University Thailand, Hoa Sen University dan Vietnamese German University dari Vietnam, serta Business Indonesia Singapore Association (BISA) untuk mendukung peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan. UHW Perbanas telah mengembangkan program magang di luar negeri serta company dan University overseas visit.

Untuk memenuhi kebutuhan akan fasilitas pendidikan yang baik, UHW Perbanas telah mengembangkan satu kampus baru seluas dua hektar, yang jaraknya sekitar empat kilometer dari kampus saat ini. Kampus baru ini dirancang dengan arsitektur yang sangat bersahabat, ramah lingkungan, modern, dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung pendidikan yang sangat baik. Keberadaan kampus baru, dengan dibarengi peningkatan kualitas sumber daya manusia dan tata kelola, akan mampu menjadikan UHW Perbanas sebagai center of excellent dalam pendidikan bisnis dan perbankan.

Universitas Hayam Wuruk Perbanas merupakan suatu kampus unggul dan terus berkembang untuk mencapai visi dan misinya. Kami dengan senang hati mengajak Saudara semua, baik perusahaan dari berbagai industri, orang tua, calon mahasiswa, atau pihak-pihak lain untuk bergabung dengan kami dan menjadi bagian penting dalam keberhasilan kami.

 

Universitas Hayam Wuruk Perbanas,

Dr. Yudi Sutarso, S.E., M.Si.

Rektor

The Leading Business and Banking School



Dapatkan Informasi Disini