Sarjana Ekonomi Syariah

Profil Lulusan

 

Kurikulum yang saat ini diberlakukan di PS Sarjana Ekonomi Syariah adalah kurikulum yang disusun berdasarkan visi, misi dan tujuan STIE PERBANAS Surabaya, serta merujuk pada UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Perpres No. 08 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Aturan-aturan diatas menjadi acuan dalam penyusunan capaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional. Kurikulum yang pada awalnya mengacu pada pencapaian kompetensi menjadi mengacu pada capaian pembelajaran (learning outcomes). Acuan lainnya adalah Peraturan Menteri Ristekdikti RI No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti).

Sesuai dengan visi dan misi PS Sarjana Ekonomi Syariah, maka kurikulumnya memiliki keunggulan spesifik di bidang bisnis dan perbankan syariah. Muatan kurikulum yang ada dikembangkan berdasar perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kebutuhan pengguna lulusan, sehingga diharapkan program studi menghasilkan lulusan yang dapat bersaing dengan baik di tingkat nasional maupun internasional. Muatan dan implementasi kurikulum mencakup kedalaman materi yang diarahkan pada terbentuknya hard skills serta ketrampilan perilaku (soft skills) yang dibutuhkan di dunia kerja. Hal inidilakukan dalam upaya mencapai tujuan Institusi maupun Program Studi yaitu menghasilkan lulusan di bidang bisnis dan perbankan syariah yang profesional dan memiliki wawasan global.

Profil lulusan PS Sarjana Ekonomi Syariah adalah:

  1. Praktisi di Perbankan dan Lembaga Keuangan Syariah
  2. Bisnis dan atau Wirausaha Islami

Berdasarkan data yang telah dikumpulkan oleh Perbanas Career Center (PCC), sejumlah 80% dari lulusan STIE Perbanas Surabaya mendapatkan pekerjaan kurang dari 6 (enam) bulan setelah lulus dan sejumlah 42% lulusan bekerja di industri perbankan diikuti dengan industri keuangan non bank (19%), manufaktur (18%), wirausaha (15%), pendidikan (5%) dan kantor akuntan (1%). Berikut ini beberapa profil lulusan Program Studi Sarjana Ekonomi Syariah STIE Perbanas Surabaya.

Alumni Sarjana Ekonomi Syariah

The Leading Business and Banking School



Dapatkan Informasi Disini