Program Studi Sistem Informasi

Profil Lulusan

Profil Lulusan Prodi SI UHW Perbanas

Lulusan Prodi Sistem Informasi UHW Perbanas diharapkan memiliki profil sebagai berikut:

1. Konsultan di Bidang Manajemen Sistem Informasi Untuk Bisnis

Bidang pekerjaan yang bisa diisi oleh profil lulusan ini adalah sebagai berikut:

a. Perencana Teknologi Informasi

Peran yang mencakup analisis visi, misi dan tujuan perusahaan, analisis kebutuhan stakeholder perusahaan, analisis dan perencanaan bisnis, perencanaan sistem informasi / teknologi informasi strategis, perencanaan anggaran, perencanaan sumber daya, serta memastikan keselarasan perencanaan sistem informasi / teknologi informasi dengan bisnis perusahaan.

b. Arsitek Teknologi Informasi

Peran yang mencakup analisis dan perencanaan arsitektur bisnis, arsitektur data, arsitektur aplikasi, arsitektur layanan, arsitektur jaringan, arsitektur keamanan, analisis kesenjangan arsitektur saat ini dan masa depan, perencanaan proses migrasi ke arsitektur baru hingga implementasi dan pengelolaan pada arsitektur yang baru.

c. Pengelola Layanan Teknologi Informasi (Helpdesk Analyst)

Peran yang mencakup penyediaan dan pengelolaan layanan teknologi informasi secara efisien dan efektif, pembuatan SOP, pembuatan kebijakan, pembuatan Service Level Agreement (SLA), menjamin kestabilan operasional layanan teknologi informasi, pengelolaan perubahan layanan teknologi informasi, serta memastikan bahwa value layanan benar – benar dirasakan oleh pengguna.

d. Auditor Informasi (Helpdesk Analyst)

Peran yang mencakup pengumpulan dan evaluasi bukti – bukti kinerja teknologi informasi, menyelidiki gangguan keamanan dan mencatat dalam buku log, memastikan semua risiko sudah diantisipasi oleh penggunaan kontrol secara efektif, memastikan integrity, confidentiality dan availability dari informasi. Audit teknologi informasi dapat mencakup bidang layanan teknologi informasi, aplikasi, infrastruktur, dan keamanan informasi.

 

2. Pengembang Sistem Informasi dan Jaringan (Information System Developer & Networking)

Bidang pekerjaan yang bisa diisi oleh profil lulusan ini adalah sebagai berkut:

a. Pengembang Aplikasi

Peran yang mencakup pembuatan, pengembangan, dan pengujian programprogram perangkat lunak komputer. Pengembang aplikasi bisa membuat berbagai jenis aplikasi di berbagai platform misal web, dekstop dan mobile.

b. Computer Engineering

Peran yang mencakup membangun jaringan, mengembangkan teknik komputer agar komputer berjalan lebih cepat. Profesi ini juga bertugas untuk menganalisa, menemukan dan memecahkan masalah pada sistem komputer pada perangkat keras dan lunak.

c. Network Administrator

Peran yang mencakup penggunaan, konfigurasi, pemeliharaan dan pemantauan peralatan jaringan yang aktif. Peran terkait adalah dengan network spesialis, atau network analyst, yang berkonsentrasi pada desain jaringan dan keamanan.

d. System Analyst

Peran yang mencakup mendesain solusi dalam sistem informasi, memodifikasi, meningkatkan, atau mengadaptasi sistem yang ada dan mengintregrasikan fiturfitur dan peningkatan baru untuk tujuan efisiensi dan produktifitas bisnis perusahaan. Tugas lain adalah terjun dalam proyek perusahaan yang mengharuskan memeriksa sistem atau model bisnis yang sudah ada untuk kemudian menganalisis kebutuhan sistem tersebut.

e. Security Analyst

Peran yang mencakup mendesain dan melakukan usaha pengamanan teknologi informasi untuk melindungi berbagai macam fasilitas komputer, data yang tersimpan dalam sistem informasi, hingga program perangkat lunak. Tugas lain dari profesi ini adalah untuk mengembangkan ide recovery system jika terjadi malfungsi atau crash pada program.

 

3. Analis Data dan Konsultan Sistem Enterprise (Data Analyst and Enterprise Systems Consultant)

Bidang pekerjaan yang bisa diisi oleh profil lulusan ini adalah sebagai berikut:

a. Database Administrator

Peran yang mencakup dalam mendesain, mengimplementasi dan me-maintain database, memastikan sistem keamanan database, mengelola kebijakan dan prosedur terkait manajemen data dalam organisasi.

b. Data Analyst 

Peran yang mencakup dalam pengumpulan dan analisis data-data, serta melakukan identifikasi terhadap korelasi dan pola interpretasi yang terkandung di dalam data-data yang nantinya akan menghasilkan informasi-informasi untuk mendukung keputusan.

c. Data Scientist

Peran yang mencakup dalam memberikan prediksi dan estimasi berdasarkan pola big data dalam bisnis, mencari nilai dari big data yang bermanfaat bagi bisnis, mendapatkan korelasi dari berbagai sumber data dan memvisualisasikan data untuk mendapatkan gambaran terkait bisnis.

d. Enterprise Resource Planning (ERP) IT Consultant

Peran yang mencakup dalam penggalian proses bisnis di perusahaan dan memberikan solusi atau arahan yang tepat sehingga dapat diimplementasikan ke dalam sistem ERP, melakukan program custom, query, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan implementasi sistem ERP secara teknis.

e. Supply Chain Management (SCM) IT Consultant

Peran yang mencakup dalam menjalankan fungsi pengelolaan pengadaan seperti memberikan rekomendasi untuk improvisasi produktivitas, kualitas dan efisiensi operasi dari sumber data perusahaan, me-monitoring proses pengiriman dan pergudangan serta mengelola kebijakan dan prosedur terkait proses pengadaan serta operasionalnya.

f. Customer Relationship Management (CRM) IT Consultant

Peran yang mencakup dalam pengelolaan hubungan dengan pelanggan, mengumpulkan semua data pelanggan, dan merekam aktivitas pelanggan yang bertujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, pendapatan dan penjualan serta menyusun strategi yang sesuai dengan karakter produk dan pelanggan.

 

4. Profesi Business Data Analyst untuk Bisnis

Bidang pekerjaan yang bisa diisi oleh profil lulusan ini adalah sebagai berikut:

a. Pengembang Startup

Peran yang mencakup pembuatan, pengembangan, dan pengujian programprogram perangkat lunak komputer yang digunakan sebagai usaha dalam bidang digital. Pengembang aplikasi bisa membuat berbagai jenis aplikasi di berbagai platform misal web, dekstop dan mobile dengan menggunakan konsep ide yang matang.

b. Search Engine Optimization Analyst 

Peran yang mencakup cara bagaimana menaikkan urutan website yang ditampilkan pada halaman pertama di sistem pencarian Google. Bidang ini digunakan untuk meningkatkan pengunjung yang mengunjungi website organisasi maupun perusahaan.

c. Pengembang Software House

Peran yang mencakup bidang usaha dalam bentuk jasa pembuatan, pengembangan, dan pengujian program-program perangkat lunak komputer. Pengembang aplikasi bisa membuat berbagai jenis aplikasi di berbagai platform misal web, dekstop dan mobile sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada.

d. Social Media Consultant

Peran yang mencakup pemanfaatan peluang dari bermacam-macam jenis social media yang ada tergantung permintaan pengguna. Bidang ini menawarkan jasa untuk mengoptimalkan social media yang dimiliki pengguna untuk bermacammacam fungsi seperti berbisnis, sarana promosi, pengembangan brand, penambahan jumlah follower dan sebagainya.

The Leading Business and Banking School



Dapatkan Informasi Disini