DES
15

Tingkatkan Literasi Perbankan, Perpustakaan Perbanas Ajak Siswa SD Praktik Jadi Teller dan Nasabah

Minggu, 15 Desember 2019     Dilihat: 463

Ketertarikan siswa Sekolah Dasar (SD) akan hal baru tampak ketika mereka praktik role play profesi perbankan. Sejumlah siswa SD di Surabaya ini aktif untuk berperan menjadi seorang nasabah, teller, customer service, hingga security suatu bank di Indonesia. Para siswa ini pun berbagi peran, secara bergantian untuk mengetahui tugasnya masing-masing didunia perbankan.

Tepat pada Sabtu, 14 Desember 2019, siswa kelas 3 SD Negeri Nginden Jangkungan Surabaya ini baru mengenal rutinitas profesi perbankan, Mereka diberi pembelajaran tentang nilai-nilai mata uang rupiah yang terdahulu hingga diajari untuk menabung di Bank. Bahkan, mereka bermain role play atau simulasi seolah-olah menjadi pegawai bank.

Salah satu siswa SD setempat, Meylani Putri Indayati mengaku senang setelah berperan menjadi seorang teller. "Iya senang, saya tadi jadi teller," kesan siswi kelas 3A ini. Lantas, saat ditanya cita-citanya, gadis cilik berhijab ini mau berprofesi sebagai teller. "Iya mau," tegasnya lirih pada Sabtu, 14 Desember 2019.

Perlu diketahui, kegiatan yang berlangsung di SD Negeri Nginden Jangkungan Surabaya ini merupakan salah satu bentuk edukasi dari Program Pengabdian Masyarakat Bank Indonesia (BI) Corner Perpustakaan STIE Perbanas Surabaya.

Kepala Perpustakaan STIE Perbanas Surabaya, Munawaroh, S.S., M.Si., mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan Literasi Perbankan siswa sejak dini. Nantinya, mereka akan terbentuk budaya menabung sehingga perilaku tersebut baik untuk ditanamkan sebagai pendidikan karakter. "Maka dari itu, kita kerja sama dengan SD ini dalam rangka menambah literasi perbankan siswa," papar Munawaroh.

Pihaknya menambahkan, aktivitas ini juga dilakukan sebagai bentuk syukur karena Perpustakaan STIE Perbanas Surabaya berhasil meraih Penghargaan  Pojok Baca BI Corner (BI Corner Award) 2019 sebagai Juara 2 Nasional Kategori Perguruan Tinggi. Selain simulasi profesi perbankan, ratusan siswa yang hadir ini juga ikut Lomba mewarnai dengan tema Gedung BI Corner Perpustakaan STIE Perbanas Surabaya. ”Harapannya, para siswa ini nantinya akan menjadi generasi yang berkarakter, serta selalu tertanam jiwa menabung untuk kesuksesan di kemudian hari,” harapnya. (humas)

 

The Leading Business and Banking School