NOV
11

Gandeng APBIPA Bali, STIE Perbanas Surabaya Gelar Program Sertifikat Guru BIPA Level 1

Senin, 11 November 2019     Dilihat: 336

Unit Pemasaran dan Humas STIE Perbanas Surabaya mengelar Program Serfikat Guru Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Level 1. Bertempat di Ruang Seminar Kampus 1, acara ini baru pertama kali digelar oleh Kampus Bisnis dan Perbankan Terakreditasi Institusi A ini selama 3 hari, Senin-Rabu, 11-13 November 2019. Sebanyak 26 peserta yang ikut berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan, hingga Bali.

Abu Amar Fauzi, S.S., M.M, selaku Kepala Bagian Pemasaran dan Humas STIE Perbanas Surabaya menuturkan program sertifikat ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama antara Asosiasi Pengajar Guru Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APBIPA) Bali dengan STIE Perbanas Surabaya. Berdasarkan Memorandum of Understanding (MoU) Nomor 4759/M0.30003/04/19 tanggal 08 April 2019, kedua belah pihak bersepakat untuk menyelanggarakan Program Sertifikat BIPA Level 1 tentang Metodologi Pengajaran BIPA.

“Program sertifikat Guru BIPA ini tindak lanjut dari dua delegasi dosen STIE Perbanas Surabaya dalam kegiatan Pelatihan Program BIPA di Yogyakarta beberapa bulan lalu. Salah satunya termasuk saya, kemudian bertemu Pak Nyoman Riasa sebagai Ketua APBIPA Bali,” terangnya.

Sementara itu, Ketua STIE Perbanas Surabaya, Dr. Yudi Sutarso, S.E., M.Si., sangat mengapresiasi dan mendukung program sertifikat BIPA. Dalam sambutannya, Yudi Sutarso mengaku program ini sangat mendukung STIE Perbanas Surabaya dalam mengajak mahasiswa asing kuliah di kampus yang dipimpinnya saat ini. Nantinya, STIE Perbanas Surabaya akan membuat Pusat Bahasa, yakni pengembangan Laboratorium Bahasa yang saat ini sudah ada. ”Jadi, mahasiswa asing nanti bisa belajar tentang Bahasa Indonesia di Surabaya atau di STIE Perbanas ini,” paparnya.

Sebelum materi dimulai, Wakil Ketua Bidang Pengembangan Kemahasiswaan dan Kehumasan, Dr. Basuki Rachmat, S.E., M.M., dengan Kepala APBIPA Bali, Drs. Nyoman Riasa, M.Ed., menandatangai berita acara kegiatan dengan Memorandum of Agreement (MoA). Kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama Pimpinan STIE Perbanas Surabaya, Pemateri, hingga Peserta Program Sertifikat Guru BIPA Level 1. Sesuai jadwal yang ditetapkan, peserta menerima materi sebanyak 5 sesi dalam sehari. (humas)

 

 

The Leading Business and Banking School