JUL
03

Kulit Telur Disulap Jadi Produk Kecantikan Bedak Tabur

Rabu, 03 Juli 2019     Dilihat: 654

Barang yang dianggap sampah memang terbilang sulit untuk dimanfaatkan bagi kebanyakan orang. Namun hal ini tidak berlaku terhadap ketiga mahasiswa asal STIE Perbanas Surabaya. Ketiga mahasiswa tersebut, yaitu Nur Maghfirotul Auliyah, M. Yusril Izza, dan Rica Kurnia Ramadani. Mereka berinovasi dengan memanfaatkan Kulit/Cangkang Telur menjadi Produk Kecantikan berupa Bedak Tabur.

Salah satu pencetus inovasi, Nur Maghfirotul Auliyah mengungkapkan ide ini muncul bermula dari sampah Cangkang Telur yang berserakan dan menjadi limbah. Melihat kondisi tersebut, Auliyah bersama temannya mencoba menguji laboratorium cangkang telur untuk mengetahui kandungan. Akhirnya, telah ditemukan kandungan kalsium karbonat (CaCO3) 94,47 % dan kolagen  0, 012%. Keduanya cocok untuk produk kecantikan.

Untuk membuat produk yang diberi nama “Ray Beauty” berkomposisi Kulit Telur, Tepung Beras, dan Bubuk Kunyit. Prosesnya, kulit telur dibersihkan dari kotorannya hingga bersih menggunakan air dan direbus di air yang sudah mendidih. Selanjutnya proses direndam dengan perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dari kulit telur. ”Kulit telur tersebut dikeringkan di bawah sinar matahari dan diblender sampai halus dan menjadi bubuk,” paparnya.

Lantas, proses akhirnya dicampurkan dengan tepung beras dan bubuk kunyit sebagai pewarna alami. Takarannya setiap kemasan pun dibuat dengan 25 gram dan dijual di harga Rp 20.000,-. Auliyah mengklaim, produk Bedak Kulit Telurnya ini sangat bermanfaat, seperti: mencerahkan kulit wajah, mengurangi flek hitam, wajah tampak lebih halus; mencegah penuaan dini, dan lainnya.

Salah mahasiswa Sarjana Akuntansi yang memakai produk bedak Ray Beauty, Widyaningtyas Prameswara Putri mengakui bedak yang dipakainya tersebut nyaman. ”Di wajah terasa lembut dan terlihat lebih cerah dari sebelumnya,” kesannya. (humas)

The Leading Business and Banking School