JUN
26

Kuliah Tamu Pengembangan Teori dan Model Ekonomi Islam Berbasis Al Quran dan Hadits

Rabu, 26 Juni 2019     Dilihat: 372

Program studi Sarjana Ekonomi Syariah STIE Perbanas Surabaya menyelenggarakan Kuliah Tamu Pengembangan Teori dan Model Ekonomi Berbasis Al Qur'an dan Al Hadits pada Rabu, 25 Juni 2019. Bertempat di Auditorium Kampus 1, perkuliahan ini diikuti ratusan mahasiswa prodi setempat. 

Pada kesempatan ini, Ketua Majelis Sarjana Ekonomi Islam Indonesia, Dr. Muhammad Nafik Hadi Ryandono, S.E., M.Si. didatangkan untuk memaparkan secara mendalam tentang penerapan ekonomi Islam di masyarakat. Dalam kuliahnya, Pak Nafik sapaan akrabnya menyampaikan motivasi kepada segenap mahasiswa agar teguh terhadap pilihan menjadi mahasiswa ekonomi Islam. 

Dirinya pun menyatakan bahwa belajar ekonomi Islam yang pertama adalah belajar Al Quran dan Hadist. Ketika tidak sejalan dengan Al Qur'an dan Al Hadits maka berdampak pada perilaku ekonomi seseorang dalam keseharian bisa saja tidak sesuai dengan syariat Islam.

Lebih lanjut, M. Nafik pun menegaskan agama Islam sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Dalam Al Qur'an sendiri, sudah dijelaskan hakikat kehidupan manusia, sama halnya yang dijelaskan dalam Al Quran Surat Al Baqoroh ayat 213 yang menjelaskan berkaitan dengan mengatur kehidupan manusia. Al Quran Surat Yunus Ayat 35 tentang kebenaran sejati dan Surat Ar-Ra’d Ayat 28 tentang kebahagiaan hakiki.

Selain itu, Ekonomi Islam merupakan gerakan dakwah islam melalui melalui gerakan ekonomi islam. Pihaknya pun menjelaskan seruan kepada ekonomi islam berarti seruan untuk memperbaiki kondisi dan tegaknya islam secara benar. Kemudian, seruan untuk membebaskan umat islam dari pengaruh dari nilai-nilai yang bertentangan dengan islam, yakni untuk pembangunan secara menyeluruh sesuai dengan seruan kepada jihad suci. Dan, seruan ekonomi islam berarti seruan untuk menghidupkan islam dalam bidang ekonomi dan untuk menyelamatkan Akhlak dan membangkitkan keluhuran. (hms)

The Leading Business and Banking School