Website Ormawa

MAR
31

Program Perdana UKKI = Lomba MTQ Tingkat Jawa Timur

Sabtu, 31 Maret 2018     Dilihat: 307

Program Perdana UKKI= Lomba MTQ Tingkat Jawa Timur

Jumat, 30 Maret 2018, suasanaAuditorium kampus 1 STIE Perbanas Surabaya terlihat berbeda dari biasanya. Lantunan bacaan Al Quran oleh para santri terdengar merdu di telinga. Ternyata, puluhan santri usia 16-23 tahun ini sedang mengikuti Lomba Mussabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) STIE Perbanas Surabaya.

Ketua Pelaksana, Anis Fitriyasari, mengatakan lomba MTQ ini merupakan lomba atau program kerja perdana yang diadakan oleh UKKI. Tujuannya lomba MTQ ini diadakan sebagai wadah atau ajang pencarian bibit-bibit unggul untuk meningkatkan skill dan talenta pemuda Indonesia. Pesertanya pun tidak hanya dari mahasiswa STIE Perbanas Surabaya saja, melainkan para muda-mudi dari sejumlah kampus dan sekolah yang ada di wilayah Jawa Timur.

”Lomba MTQ ini pertama kali digelar dan menjadi rangkaian program kerja KREATIF atau Kajian Remaja Inspiratif,” papar Anis.

Lebih lanjut, dirinya bercerita antusiasme peserta untuk mengikuti Lomba MTQ ini sangat luar biasa. Sedikitnya ada 40 peserta yang datang dari berbagai daerah, di antaranya: Surabaya, Lamongan, Madura, Jombang, Malang, Tulungagung, dan masih banyak daerah lainnya. “Rinciannya ada 17 peserta putra dan 23 peserta putri,” rincinya.

Saat perlombaan berlangsung, peserta yang ingin meraih juara harus memenuhi nilai terbaik dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Para juri pun telah menetapkan sejumlah kriteria penilaian, di antaranya: penilaian Tajwid; Fashohah; Irama dan Lagu; dan Adab tilawah.

Hampir satu hari penuh lomba ini berlangsung, akhirnya terpilihlah para juara Lomba MTQ kategori putra dan putri. Untuk kategori putra, Juara I Lomba MTQ 2018 ini diraih oleh RamadhanDato dari UniversitasMuhammadiyah Malang, sedangkan Juara II diberikan Mahfud dari MA Miftahul Ulum Bakil Lumajang dan Juara III Putra disematkan kepada M. Aula Rahmat dari Universitas Negeri Sunan Ampel. Lantas, Juara I Lomba MTQ Kategori Putri diraih oleh Nur Haibatul Ula dari YPPP A.N Surabaya, sedangkan Juara II diterima Shofia Ama Faradisa dari MAN Babat Lamongan dan Juara III diberikan kepada Khoi Fatimah dari SMKN 1 Surabaya. (Eko.r)

The Leading Business and Banking School