STIE Perbanas Surabaya

Menu
Selasa, 14 Mei 2019 12:29

Memahami Pola Kewirausahaan Internasional

Demi mewujudkan visi global, Program Studi (prodi) Sarjana Manajemen STIE Perbanas Surabaya menggelar kuliah tamu dengan menghadirkan dosen tamu dari kampus luar negeri. Dosen tamu tersebut didatangkan dari Utrecht University The Netherlands, Prof. Arie Buijs. Pihaknya pun sudah beberapa kali datang ke kampus bisnis dan perbankan terbaik di Indonesia ini untuk menjalankan kerja sama. Salah satu kerja sama yang masih berlangsung, yakni Summer School Program Transfair Academic Awards sejak tahun 2016.
 
Bertempat di Ruang D303, perkuliahan tamu ini mengangkat topic tentang Entrepreneurship. Puluhan mahasiswa yang menempuh mata kuliah Kewirausahaan pun menyimak dengan saksama setiap penjelasan yang disampaikan.
 
Ketua Prodi Sarjana Manajemen, Burhanudin, Ph.D., mengatakan alasan dihadirkannya Prof. Arie Buijs dalam kuliah tamu ini bertujuan untuk menambah wawasan kewirausahaan mahasiswa, bukan hanya di level nasional tetapi juga internasional. Oleh karena itu, salah satu guru besar terbaik dari Utrecht University The Netherlands ini diajak untuk sharing pengalaman hingga pengetahuan di bisnis internasional.
 
Di hadapan mahasiswa, Prof. Arie Buijs menjelaskan kewirausahaan bukan semata-mata untuk mencari keuntungan, namun bisa juga bukan untuk mengambil keuntungan. ”Entrepreneurship, identification and pursuit of opportunities for the creation of new values in a new and established organization (intrapreneurship), in seeking profit and not for profit management (social entrepreneurship),” papar Prof. Arie.
 
Lanjutnya, dalam berwirausaha terdapat misi ganda, yakni bakat dan mengatasi tantangan sosial. Bakat itu sendiri sangat penting untuk dimiliki oleh setiap mahasiswa. Dengan adanya bakat, maka mereka bisa berkontribusi kepada masyarakat dengan beragam disiplin ilmu yang dimilikinya. Kemudian, misi berikutnya untuk mengatasi tantangan sosial. Artinya, seorang entrepreneur mampu memecahkan masalah sosial dan mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Hal tersebut dilakukan dengan cara berwirausaha. (Eko.r)

 

Login to post comments

Alamat Kampus

  • Kampus 1: Jl. Nginden Semolo 34-36 Surabaya
  • Kampus 2: Jl. Wonorejo Timur 16 Surabaya
  • Telp. 031-5947151, 031-5947152 Fax. 031-5935937
  • Hotline Telp/SMS/WA: 0858 9597 9800
  • email: [email protected]
Anda disini: Beranda