STIE Perbanas Surabaya

Menu
Sabtu, 11 Mei 2019 13:35

Berbisnis Sukses Bermula dari Akun Media Sosial

 
Meski di bulan puasa, mahasiswa STIE Perbanas Surabaya tidak pernah patah semangat mengikuti kuliah tamu Kewirausahaan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 11 Mei 2019. Kali ini, narasumber yang dihadirkan adalah seorang Entrepreneur sekaligus Founder Rahasia Gadis bernama Buana Perkasa Putra.
 
Bertempat di Ruang D305-306 Kampus 1 STE Perbanas Surabaya, kuliah tamu ini diikuti ratusan mahasiswa yang terbagi menjadi 8 kelas, meliputi program studi S1 Akuntansi, S1 Manajemen dan D3 Perbankan dan Keuangan. Acara ini pun ditujukan agar wawasan tentang dunia entrepreneur para mahasiswa semakin bertambah, khususnya bagi pemrogram mata kuliah Kewirausahaan.
 
Dihadapan mahasiswa yang hadir, Buana Perkasa Putra menyampaikan materi tentang cara membangun bisnis di instagram. Selain itu, dirinya juga membagi cerita tentang perjalanan karirnya sebelum menjadi seorang Entrepreneur sukses seperti sekarang ini.
 
Dalam ceritanya, sebelum memasuki bisnis online, Buana bekerja di kantor keluarganya yaitu Safe Care Aromatherapy sebagai reseller . Mengingat bisnis reseller amat kecil untungnya di era industri 4.0 ini, Buana pun memutuskan untuk membuat produk sendiri.
 
“Industri 4.0 mulai berjalan di Indonesia sehingga membuat produsen ketemu langsung dengan konsumen. Dan, seperti yang diutarakan oleh Pak Jokowi, dia sedang mengusahakan supaya petani dapat langsung menjual beras kepada konsumen tanpa perantara. Maka dari itu Pak Jokowi fokus sekali membangun infrastruktur yang mendukung industri 4.0. Di mana itu sangat bermanfaat untuk kalian,” papar Buana.
 
Selagi menunggu material, bahan baku, atau lainnya untuk kebutuhan produk yang inginkannya, Lulusan S1 Ekonomi tersebut mencoba untuk membuat akun instagram yang dapat dipakai untuk menjual produknya. Lalu, dirinya membuat akun pertama berjudul @rahasiagadis dan menentukan target market untuk para gadis. Dari situlah, Buana mulai belajar desain photoshop dan membuat konten dari jam 10 malam sampai 2 pagi secara rutin. Buana juga mempromosikan akun rahasiagadis ke teman-teman dan tidak terbayang dalam waktu satu bulan tembus sampai 100.000 followers. Bahkan, Buana juga melakukan perjanjian dengan akun Dagelan untuk mempromosikan akun Rahasia Gadis, dampaknya dalam beberapa minggu followers Rahasia Gadis bertumbuh sangat pesat.
 
“Media akan semakin mati, kalau hanya bersifat media. Karena fake news dimana-mana dan orang-orang sudah tidak mudah percaya dengan berita atau informasi yang ada di media. Tapi, sekarang orang-orang lebih tertarik dengan media yang ada orangnya atau ifluencer. Influencer akan berjalan tetapi media tidak akan berjalan. Jadi, cara membuat akun yang unik adalah akun yang ada orangnya. Apa yang membuat unik? Kamulah yang membuat unik,” motivasinya. (Fitriyah.r)

 

Login to post comments

Alamat Kampus

  • Kampus 1: Jl. Nginden Semolo 34-36 Surabaya
  • Kampus 2: Jl. Wonorejo Timur 16 Surabaya
  • Telp. 031-5947151, 031-5947152 Fax. 031-5935937
  • Hotline Telp/SMS/WA: 0858 9597 9800
  • email: [email protected]
Anda disini: Beranda