STIE Perbanas Surabaya

Menu
Kamis, 02 Mei 2019 14:50

Sistem Informasi Efektifkan Kinerja Profesi Akuntan

 
Perkembangan teknologi yang pesat membuat pesaingan antar perusahaan menjadi semakin ketat. Untuk itu perusahaan harus mendapatkan informasi yang cepat, akurat, tepat waktu dan juga up to date dalam menjalankan proses bisnisnya. Dengan hal ini STIE Perbanas Surabaya kembali menggelar Smart Talk bersama Radio Sindo dengan tema ”Pencatatan Akuntansi Menggunakan Penerapan Teknologi Melalui Sistem Informasi Akuntansi Yang Terkomputerisasi” pada Kamis, (02/05/2019).

Bertempat di Ruang A302 Kampus 2 STIE Perbanas Surabaya Jl. Wonorejo Timur No.16 Surabaya, acara ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengetahui secara jelas tentang fungsi serta manfaat yang dapat kita peroleh apabila jika menggunakan Sistem infromasi Akuntansi yang terkomputerisasi dan langkah apa yang harus kita lakukan agar peran akuntansi tidak tergantikan dengan robot. Dalam smart talk bersama sindo ini di pimpin oleh tiga narasumber, yaitu Agustina Ratna Dwiati, SE., MSA., CPSAK. sebagai dosen di STIE Perbanas Surabaya, dan kedua mahasiswinya Cornelia Oribel dan Hana Fitri Septanti.

Dalam penyampaiannya, Agustina Ratna menyatakan salah satu perkembangan teknologi dalam dunia akuntan yang sangat penting untuk di perhatikan adalah sistem informasi yang terkomputerisasi. Agar berjalan dengan baik, saat menjalankan sistem informasi akuntansi diperlukan beberapa elemen, seperti sumber daya manusia (SDM) yang terlatih, menjalankan setiap prosedur, formulir data keuangan untuk mencatat seluruh aktifitas keuangan, hardware yang sudah terhubung, Accounting Software, contohnya MYOB dan Orcale Finance. Jika kita membedakan sistem terkomputerisasi yang di pakai sekarang dengan sistem akuntansi manual maka sangat jauh berbeda, terlihat dari segi efektif maka system terkomputerisasi lebih efektif dari manual, dan secara komputerisasi dapat meminimalisir kehilangan, kerusakan, dan pengandaan data karena data yang sudah tersimpan di awal akan otomatis sudah tersimpan ke dalam database.

Selain itu, sistem informasi akuntansi yang terkomputerisasi sangat membantu pihak akuntan untuk memanajemen dalam mengambil keputusan dan pengolahan data secara efektif dan efisien sehingga informasi menjadi lebih akurat, juga mampu menjamin keamaman dari data atau informasi itu sendiri. “Dalam pembelajaran, STIE Perbanas Surabaya menerapkan dua tipe pembelajaran, yakni secara manual dan system. Harapannya, mahasiswa STIE Perbanas Surabaya dapat mengetahui dasar-dasar ilmunya secara jelas lalu menyesuaikan langsung dengan teknologi yang ada pada saat bekerja di perusahaan go public,” jelasnya.

Sementara Cornelia Oribel menambahkan seseorang tidak akan pernah bisa tergantikan oleh robot karena robot tidak bisa menganalisis, sedangkan profesi akuntan yang sudah mempunyai ilmu pengetahuan dan dasar tentang akuntansi maka akan mudah dalam menganalisis dan membuat keputusan. (Della.r)

 

Login to post comments

Alamat Kampus

  • Kampus 1: Jl. Nginden Semolo 34-36 Surabaya
  • Kampus 2: Jl. Wonorejo Timur 16 Surabaya
  • Telp. 031-5947151, 031-5947152 Fax. 031-5935937
  • Hotline Telp/SMS/WA: 0858 9597 9800
  • email: [email protected]
Anda disini: Beranda