STIE Perbanas Surabaya

Menu
Kamis, 04 April 2019 10:21

Kuliah Tamu Financial Asset: Mahasiswa Diajak Kenal Detail tentang Reksa Dana

 
Untuk mendapatkan pengetahuan dan wawasan dari ahlinya, STIE Perbanas Surabaya secara berkala mengundang sejumlah praktisi. Hal ini dimaksudkan agar informasi yang disampaikan kepada mahasiswa bersumber dari pelaku yang terjun langsung di lapangan. Seperti yang diselenggarakan oleh Program Studi (Prodi) Sarjana Manajemen dan Sarjana Ekonomi Syariah, yakni Kuliah Tamu "Financial Asset: Reksadana Konvensional dan Reksadana Syariah" pada Kamis, 4 April 2019.
 
Bertempat di Ruang D305-306, kuliah tamu ini diikuti oleh ratusan mahasiswa manajemen maupun ekonomi syariah yang menempuh mata kuliah Wealth Management. Sementara, pembicara yang dihadirkan adalah seorang Wealth Manager Manulife Asset Management Indonesia (MAMI), Rudy Basuki, S.T., CFP.
 
Selama kuliah tamu berlangsung, narasumber memaparkan berbagai materi tentang reksa dana yang berkembang di Indonesia. Rudy sapaan akrabnya, menerangkan bahwa pemilik rekening reksa dana hanya sedikit jika dibandingkan dengan investasi lainnya. "Jumlahnya hanya sekitar 1% dari jumlah penduduk di Indonesia," paparnya.
 
Dirinya pun menyampaikan bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga sudah mengeluarkan kebijakan tentang reksa dana. Salah satu kebijakannya adalah memudahkan masyarakat bisa menanam investasi pasar modal di reksa dana dengan nominal Rp 10.000,- saja.
 
Kepada mahasiswa, Rudy pun menawarkan konsep 3I sebelum berinvestasi di reksa dana. Konsep 3I yang dimaksud, yakni Insaf, irit, dan invest. Selain itu, dia pun mengajak mahasiswa untuk mengubah pola kebiasaan. Contohnya Irit, mahasiswa biasanya sisa dibelanjakan baru ditabung, namun mulai sekarang ditabung dahulu baru sisanya untuk dibelanjakan.
 
Untuk memahami, reksa dana merupakan program investasi yang menggabungkan modal dari banyak investor dan berinvestasi pada beragam instrumen serta dikelola secara profesional oleh perusahaan pengelola aset (Manajer Investasi). Reksa dana ini lebih bersifat fleksibel dan bisa dicairkan kapan saja tanpa jangka waktu. Rudy menambahkan, reksa dana ini model investasi yang aman karena sudah terdaftar di OJK serta bebas dari pajak.
 
Adapun macam-macam reksa dana, yakni: reksa dana pasar uang; reksa dana pendapatan tetap; reksa dana campuran; dan reksa dana saham. ”Jadi jika kalian bisa nabung pintar maka hasilnya bisa cetar,” pungkas Rudy. (Eko.r)

 

Login to post comments

Alamat Kampus

  • Kampus 1: Jl. Nginden Semolo 34-36 Surabaya
  • Kampus 2: Jl. Wonorejo Timur 16 Surabaya
  • Telp. 031-5947151, 031-5947152 Fax. 031-5935937
  • Hotline Telp/SMS/WA: 0858 9597 9800
  • email: [email protected]
Anda disini: Beranda