STIE Perbanas Surabaya

Menu
Sabtu, 23 Februari 2019 17:16

Debater Pemula Bersaing dalam Lomba Debat Bahasa Inggris Se-Jawa Timur

 
English Club STIE Perbanas Surabaya kembali mengadakan kompetisi debat Berbahasa Inggris. Bertempat di Auditorium Kampus 1, Jalan Nginden Semolo 34-36 Surabaya, acara ini dimaksudkan untuk menjaring debater pemula agar mahir berargumentasi yang dikemas dengan melalui Perbanas Amazing Newbie English Debate Competition (PANDCO). Lebih dari 72 siswa yang terbagi menjadi 24 tim lolos untuk ikut debat di kalangan SMA/SMK/MA Se-Jawa Timur Sabtu, (23/2).
 
Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk tanggungjawab English Club dalam rangka membantu para millennial mengeluarkan ide kreatif dan pendapat yang logis mengenai isu-isu terkini. Kompetisi ini dikhususkan untuk para Newbie atau pemula dalam sebuah debating. Lomba ini akan menjadi pengalaman yang menarik bagi peserta.
 
Manajer English Club, Yogo Purwanto memaparkan acara tersebut rutin diadakan setiap tahun oleh organisasinya. "Tahun ini, peserta lomba adalah siswa-siswi yang mencapai 24 tim dimana setiap timnya terdiri dari 3 orang dan didampingi oleh LO (Liaison Officer),” papar Yogo di sela-sela acara.
 
Lebih lanjut, dirinya menjelaskan tema debat disesuaikan dengan perkembangan informasi terkini. Tema yang dimaksud, meliputi: Politik, Ekonomi, Olahraga, Pendidikan, dan lain sabagainya.
 
Lantas, untuk sistematika kompetisi ini dimulai dari babak preliminary, dimana semua peserta disaring menjadi babak 16 besar atau octofinal round. Kemudian, babak 8 besar atau quarterfinal round, babak 4 besar atau semifinal round, dan terakhir perebutan juara 1,2,3 dan 4 yaitu final round. "Terdapat pula kategori Best Speaker untuk para peserta yang sangat baik saat memberikan argumennya ketika berdebat," imbuh Yogo.
 
Perlu diketahui, segenap peserta lomba ini nantinya akan memperebutkan Juara I berupa Trophy, Certificate, dan uang tunai sebesar Rp 3.000.000,- ; Juara II mendapatkan Trophy, Certificate, dan uang tunai sebesar Rp 2.500.000,- ; Juara III mendapatkan Trophy, Certificate, dan uang tunai sebesar Rp 1.500.000,- ; Juara IV mendapatkan Trophy, Certificate, dan uang tunai sebesar Rp 500.000,- ; dan Best Speaker mendapatkan Certificate dan uang tunai sebesar Rp 500.000,-.
 
Salah satu siswa peserta dari MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto, Abdul Fattah mengaku bahwa dirinya beserta teman-temannya merasa kaget, excited, dan tertantang karena baru pertama kali mengikuti lomba debat berbahasa inggris seperti ini. Dirinya bersama 2 teman lainnya M.Rizky Muafiy Zain dan A.Sulthon membutuhkan waktu sekitar 2 hari untuk melakukan persiapan karena di sekolah mereka juga sedang mengadakan lomba dan mereka terlibat menjadi panitia dalam lomba tersebut.
 
"Kami berharap bisa menang dalam debat ini. Dan, semoga bisa semakin meriah acaranya, serta menyiapkan topik-topik yang menarik dan up to date," harap Abdul Fattah.
 
Akhirnya, Juara I diraih oleh SMK Negeri 5 Surabaya, Juara II disematkan kepada SMAK Petra 2 Surabaya, Juara III diterima oleh SMK Negeri 1 Surabaya serta Juara Harapan 1 diberikan kepada SMA K Petra 2 Surabaya. Sementara untuk Best Speaker diberikan kepada Adelia Citra Dwi T. dari SMKN 1 Surabaya. 
 

 

Login to post comments

Alamat Kampus

  • Kampus 1: Jl. Nginden Semolo 34-36 Surabaya
  • Kampus 2: Jl. Wonorejo Timur 16 Surabaya
  • Telp. 031-5947151, 031-5947152 Fax. 031-5935937
  • Hotline Telp/SMS/WA: 0858 9597 9800
  • email: [email protected]
Anda disini: Beranda