STIE Perbanas Surabaya

Menu
Sabtu, 19 Januari 2019 14:00

APC2019= Generasi Muda Tawarkan Solusi Masalah Ekonomi

Kesadaran generasi milineal akan pesatnya perkembangan teknologi berdampak pada kemajuan bidang ekonomi. Kondisi ini pun dimanfaatkan oleh sekelompok mahasiswa STIE Perbanas Surabaya untuk menjaring gagasan maupun ide kreatif yang dituangkan dalam sebuah paper.

Tepat hari Sabtu, 19 Januari 2019, Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) STIE Perbanas Surabaya menggelar acara Accounting Paper Competition (APC) 2019. Bertempat di Auditorium kampus 1, acara ini diikuti para generasi muda ditingkat SMA maupun perguruan tinggi se-Jawa Timur. Sedikitnya ada 60 tim yang antusias menuangkan gagasannya untuk memajukan perekonomian bangsa indonesia.

Manajer HMJA STIE Perbanas Surabaya, Rizal Efendi menuturkan selain untuk menyalurkan gagasan anak muda, acara ini juga untuk menjalin kerja sama antar mahasiswa lintas perguruan tinggi. ”Kompetisi akuntansi ini pun mengusung konsep berbeda dari tahun sebelumnya. Dalu, hanya dari Perguruan Tinggi saja, namun untuk tahun ini, Accounting Paper Competition (APC) juga diikuti oleh siswa-siswi SMA/SMK,” terangnya.

Lanjutnya, setiap peserta harus melewati babak penyisihan terlebih dahulu sebelum masuk babak final. Tahap penyisian, setiap tim yang terdiri dari 3 anggota mengirimkan paper ke STIE Perbanas Surabaya untuk di review. Selanjutnya, paper yang lolos babak final harus memenuhi syarat dan selaras dengan tema ”Keberadaan Teknologi Big Data menjadi peluang dan tantangan bagi profesi akuntansi”.

“Dari semua tim yang masuk, dipiih 10 tim dari perguruan tinggi dan 10 tim dari SMA/SMK untuk masuk di babak final. Pada babak final ini mereka harus mempresentasikan papernya masing-masing,” tegasnya.

Semua peserta yang lolos babak final ini memperebutkan Juara 1, 2, 3, dan 4. Perlu diketahui, untuk kategori SMA/SMK bagi Juara I menerima Piala dan Uang tunai sebesar Rp 600.000,- . Juara II mendapatkan Piala dan Uang tunai sebesar Rp 400.000,-; Juara III menerima Piala dan Uang Tunai sebesar Rp 300.000,- ; dan Juara IV mendapatkan Piala dan Uang tunai sebesar Rp 200.000,-. Sedangkan untuk tingkat Perguruan Tinggi, Juara I mendapat Piala dan Uang tunai sebesar Rp 1.000.000,- . Juara II mendapatkan Piala dan Uang tunai sebesar Rp 700.000,-; Juara III menerima Piala dan Uang Tunai sebesar Rp 400.000,- ; dan Juara IV mendapatkan Piala dan Uang tunai sebesar Rp 300.000,-.

Salah satu peserta lomba dari Universitas Surabaya, Isti Wahyuningsih mengaku tertarik dengan kompetisi tersebut. Menurutnya, lomba yang diadakan ini sangat asyik dan meriah. Meski baru pertama kali diikutinya, timnya merasa tertantang untuk berani berbicara di depan umum untuk menyampaikan sebuah argumen maupun pendapat.

Berbekal paper berjudul ”Keputusan Strategis berdasarkan Analisa Data dari Persepsi Akuntansi,” Isti bersama kedua temannya, Evelin dan Devi merasa tidak ada persiapan khusus, dan hanya berbekal materi yang dipelajarinya serta berkonsultasi dengan dosennya saat perkuliahan. ”Kami berharap, ke depan referensi yang dilombakan bisa disampaikan dahulu. Selain itu, kami perlu untuk pemantapan slide sebelum ditampilkan karena masih sedikit terdapat kesalahan,” harapnya. (Chitra/Eko.r)

 

Login to post comments

Alamat Kampus

  • Kampus 1: Jl. Nginden Semolo 34-36 Surabaya
  • Kampus 2: Jl. Wonorejo Timur 16 Surabaya
  • Telp. 031-5947151, 031-5947152 Fax. 031-5935937
  • Hotline Telp/SMS/WA: 0858 9597 9800
  • email: [email protected]
Anda disini: Beranda