STIE Perbanas Surabaya

Menu

Pembekalan Magang Sarana Mudahkan Mahasiswa Masuki Dunia Kerja

Sabtu (8/12), Student Development Center (SDC) STIE Perbanas Surabyaa semula Perbanas Career Centre menyelenggarakan Pembekalan Mahasiswa Magang. Bertempat di Auditorium Hall A Kampus 1 STIE Perbanas Surabaya, kegiatan ini diikuti sedikitnya 250 mahasiswa yang ingin melakukan kegiatan magang eksternal selama liburan semester gasal tahun akademik 2018-2019.

Dengan penampilan rapi dibalut pakaian standar etika, mahasiswa menyimak materi-materi persiapan sebelum magang. Kepala Student Development Center, Nurcholis Setiawan, S.Psi., M.Psi., mengatakan pembekalan magang merupakan rangkaian acara magang eksternal.Kegiatan ini bertujuan untuk memberi gambaran tentang etika berperilaku saat mahasiswa terjun di dunia magang. ”Rencananya, program magang eksternal periode ini akan dilaksanakan pada tanggal 15 Januari-15 Februari 2019,” terangnya.

Pihaknya menegaskan bahwa etika dalam bekerja itu sangat penting. “Etika itu penting dalam bekerja, kita harus dapat mengikuti standar yang ditetapkan perusahaan.Penampilan akan menunjukkan citra diri” tambah Nucholis Setiawan saat memaparkan materi etika.

Selanjutnya, materi korespondensi pun disampaikan oleh Chitra Laksmi Rithmaya, S.E., MM. Pihaknya menjelaskantentang tata cara berpenampilan dan berperilaku yang sesuai dengan peraturan yang ada di suatu perusahaan. Selain itu,mahasiswa diberikan materi tentang alur memasukkan proposal, apabila diterima atau ditolak oleh perusahaan maka surat penerimaan atau penolakan segera diserahkan ke SDC.

Keuntungan mengikuti magang salah satunya akan mendapat sertifikat yang dapat dilampirkan saat melamar pekerjaan. Dan, mahasiswa magang akan menjadi wakil bagi STIE Perbanas Surabaya di luar kampus,” ujarnya.

Pemateri berikutnya, Ellen Theresia Sihotang, S.E., M.M., menunjukdua mahasiswa yaitu Bayu dan Dina. Keduanya diberi tugas untuk menyusun dokumen dengan perumpamaan peserta yang duduk sebagai dokumen.Kemudian, Bayu menyusun berdasarkan dokumen yang telah digunakan diletakkan di bagian depan, sedangkan Dina berdasarkan sub-bagian yang terdekat. Pemateri pun menegaskan bahwa semakin banyak arsip maka pendokumentasian semakin baik. Hal yang terpenting yaitu bagaiman kita menyimpan arsip tersebut.

Materi terakhir pun diberikan oleh Romi Ilham, S.Kom., M.M.,berkaitan dengan keterampilan dunia kerja. Dirinya menggaris bawahi bahwa komponen softskill dan hardskill harus seimbang. Ilmu yang didapat selama perkuliahan harus didukung oleh interpersonal yang baik. “Jadi, keterampilan perlu keseimbangan softskill dan hardskill,” tegasnya.

Mahasiswa salah satu peserta pembekalan magang, Meike mengaku pembekalan ini sangat membantu untuk terjun dunia kerja. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum magang, yaitu penampilan dan keterampilan. (Ayu.r)

Alamat Kampus

  • Kampus 1: Jl. Nginden Semolo 34-36 Surabaya
  • Kampus 2: Jl. Wonorejo Timur 16 Surabaya
  • Telp. 031-5947151, 031-5947152 Fax. 031-5935937
  • Hotline Telp/SMS/WA: 0858 9597 9800
  • email: [email protected]
Anda disini: Beranda