STIE Perbanas Surabaya

Menu
Sabtu, 20 Oktober 2018 07:30

Kuliah Tamu= Dinamika Implementasi Sistem Informasi dengan Pemanfaatan Software MySAP ERP

Program studi (prodi) Sarjana Akuntansi STIE Perbanas Surabaya senantiasa membekali mahasiswanya agar menjadi lulusan yang kompeten dan berdaya saing. Salah satu caranya dengan menghadirkan praktisi atau orang yang kompeten di bidangnya untuk memberikan materi perkuliahan. Hal itu direalisasikan dengan kegiatan Kuliah Tamu dengan topik “Dinamika Implementasi Sistem Informasi dengan Pemanfaatan Software MySAP ERP” pada Jum’at, 19 Oktober 2018.
 
Bertempat di Hall B Kamus 2 STIE Perbanas Surabaya, kuliah tamu ini diikuti oleh segenap mahasiswa yang menempuh mata kuliah SAP. Dalam kegiatan kuliah tamu ini, mahasiswa juga diwajibkan untuk meresume materi yang disampaikan oleh pemateri dan dikumpulkan setelah perkuliahan tamu itu selesai.
 
Salah satu dosen mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi (SIA) 1, Nur’aini Rokhmania, SE., Ak., M.Ak., CA., mengatakan kuliah tamu ini diadakan dengan tujuan agar mahasiswa bisa lebih mengenal wawasan tentang SAP. “Mahasiswa juga tidak akan tahu dalam teori saja melainkan mahasiswa juga akan tahu praktiknya juga,”terang Nur’aini.
 
Sementara itu, narasumber yang dihadirkan merupakan seorang alumni STIE Perbanas Surabaya bernama lengkap Komang Nia Gama Pertiwi. Saat ini, dirinya bekerja di PT HM Sampoerna Tbk. dan menjabat sebagai Control and Payment Analyst. Alumni yang akrab dipanggil Nia ini termasuk mahasiswa yang sangat aktif saat berkuliah di STIE Perbanas Surabaya.
 
Kehadiran alumni Sarjana Akuntansi memberikan kesan tersendiri. Pasalnya, usai lulus kuliah dirinya baru bisa berbagi pengalaman dan sharing pengetahuan untuk adik tingkatnya. Bertepatan di waktu libur cutinya, Nia memaparkan manfaat SAP bagi perusahaan besar. Termasuk perusahaan tempatnya bekerja saat ini.
 
Wanita berhijab ini memberikan beragam materi-materi tentang pemanfaatan software SAP ERP. Adapun materi yang disajikan mengenai ERP dan SAP, jenis jenis ERP dalam perusahaan kecil, menengah dan keatas. Pihaknya pun berharap, mahasiswa yang hadir ini tidak sekadar membuat resume semata, melainkan mereka harus tahu bagaimana pentingnya system informasi akuntansi yang dipelajari di bangku kuliah. Nantinya akan sangat berdampak pada dunia pekerjaan.
 
“Selain menguasai pengetahuan tentang akuntansi, kalian juga harus menambah wawasan dalam bahasa, apalagi jika kalian mau memasuki perusahaan yang global,” pesan Nia kepada adik tingkat yang ikut di perkuliahannya.
 
Kuliah tamu ini pun semakin lengkap dengan adanya sesi tanya jawab. Ternyata, banyak mahasiswa yang tertarik untuk bertanya mengenai dampak SAP atau ERP dalam perusahaan. Acara pun ditutup dengan pemberian hadiah bagi mahasiswa yang aktif bertanya dan dilanjut foto bersama pembicara dan mahasiswa . (Andy r.)
Login to post comments

Alamat Kampus

  • Kampus 1: Jl. Nginden Semolo 34-36 Surabaya
  • Kampus 2: Jl. Wonorejo Timur 16 Surabaya
  • Telp. 031-5947151, 031-5947152 Fax. 031-5935937
  • Hotline Telp/SMS/WA: 0858 9597 9800
  • email: [email protected]
Anda disini: Beranda