STIE Perbanas Surabaya

Menu
Sabtu, 13 Oktober 2018 17:37

Siswa SMK Trisila Surabaya Belajar Perbankan Konvensional di STIE Perbanas

Keberadaan suatu kampus dituntut untuk memenuhi Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pengajaran, penelitian, dan pengabdian. STIE Perbanas Surabaya sebagai satu-satunya Sekolah Tinggi di tahun 2018 yang meraih Apresiasi Tata Kelola Perguruan Tinggi kategori Baik Sekali, untuk ke sekian kalinya mengadakan kegiatan pengabdian Masyarakat.
 
Kali ini, sebanyak 45 siswa, kepala sekolah, hingga guru pendamping SMK Trisila Surabaya mengikuti Pelatihan Front Liner Bank Konvensional pada Sabtu, 13 Oktober 2018. Bertempat di Ruang Laboratorium Bank STIE Perbanas Surabaya, para siswa yang masih duduk di kelas X ini tampak antusias mengikuti pelatihan dan menyimak materi-materi yang disampaikan oleh instruktur.
 
Kepala SMK Trisila Surabaya, Eko Julianto, S.Pd., mengatakan kegiatan outing class ini bertujuan untuk membekali siswa di sekolahnya agar tidak hanya paham sebatas teori. Menurutnya, siswa tidak cukup hanya dengan menerima materi di kelas, maka dari itu pihaknya ingin siswa SMK Trisila Surabaya mendapatkan pengalaman baru.
 
SMK Trisila
 
"Kami sebagai pengajar ingin menambah pengalaman baru buat siswa kami dengan cara langsung terjun mengikuti pelatihan ini. Jadi, kami lebih mengutamakan praktik agar siswa punya bekal untuk ke depannya. Dan, karena ini sekolah SMK lebih mengutamakan praktik bukan hanya teori saja," papar Eko Julianto, S.Pd., di sela-sela mendampingi siswanya pelatihan.
 
Sementara itu, Ketua Laboratorium Bank STIE Perbanas Surabaya, Evi Sistiyarini, S.E., M.M., mengaku acara seperti ini adalah bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Lab. Bank. Di samping untuk pengabdian, terkadang beliau diminta oleh sekolah-sekolah tertentu untuk memberikan pemahaman tentang dasar-dasar perbankan. "Selain latar belakangnya sebagai pengabdian masyarakat, ada juga permintaan dari SMK Trisila untuk melakukan pelatihan bagi siswanya," terang Evi Sistiyarini, S.E., M.M.
 
 
Lebih lanjut, timnya memberikan materi untuk siswa SMK Trisila tentang front liner bank Konvensional, meliputi: tugas teller, customer service, pengisian slip setoran, slip penarikan, cek, giro, dan lainnya. "Jadi, STIE Perbanas bisa shareing ilmu khususnya dasar-dasar dalam dunia perbankan utk adik-adik SMK, sehingga siswa juga mendapat ilmu dan wawasan baru bukan hanya teori tapi langsung praktik terkait dengan perbankan yang delum diajarkan di sekolah," imbuhnya.
 
 
 
 
 
 
 
 
SMK TrisilaSherly Diyah Puspitasari, siswi SMK Trisila Surabaya mengaku senang bisa memiliki wawasan baru dan bisa praktik langsung di Lab. Bank STIE Perbanas. Setelah lulus SMK ini, dirinya ingin melanjutkan kuliah di STIE Perbanas Surabaya karena ingin terjun di dunia perbankan. "Setelah adanya pelatihan ini, saya ingin menerapkannya di SMK Trisila Surabaya," kesan siswi kelas X Jurusan Akuntansi itu. (Fitri/Eko.r)
 
 
Login to post comments

Alamat Kampus

  • Kampus 1: Jl. Nginden Semolo 34-36 Surabaya
  • Kampus 2: Jl. Wonorejo Timur 16 Surabaya
  • Telp. 031-5947151, 031-5947152 Fax. 031-5935937
  • Hotline Telp/SMS/WA: 0858 9597 9800
  • email: [email protected]
Anda disini: Beranda