STIE Perbanas Surabaya

Menu
Jumat, 28 September 2018 21:38

Satu-Satunya Sekolah Tinggi, Mahasiswa STIE Perbanas Raih Juara II MACC

 
Mahasiswa Sarjana Akuntansi STIE Perbanas Surabaya kembali mengharumkan nama almamaternya. Kali ini, ketiga mahasiswa, Robih Salam Rahmatullah, Rizal Efendi, dan Tri Kunia berhasil meraih Juara II Maksi Accounting Competition (MACC) 2018 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Jumat, 28 September 2018. STIE Perbanas Surabaya menjadi satu-satunya Sekolah Tinggi di Indonesia yang masuk 10 besar dan berkompetisi di babak final.
 
Salah satu mahasiswa anggota tim lomba STIE Perbanas, Robih Salam Rahmatullah mengaku sangat berkesan dengan lomba tersebut karena soal-soalnya sangat berbobot,. Uniknya, selama lomba yang diikutinya baru kali ini sesi debat sampai dua kali, yakni di babak semi final dan babak final. ”Hal uniknya, baru kali inisaya debat sampai 2 kali. Di babak semifinal 4 besar debat dan babak final saya debat juga,” cerita Robih usai terima penghargaan.
 
Lebih lanjut, Robih merasa mosi babak final yang didapatkan oleh timnya kurang menguntungkan. Namun, saat babak semi final melawan tim dan Universitas Negeri Yogyakarta, pihaknya sangat menguasinya tentang SAK EMKM. ” Nah di babak final itu lawan UGM. Sebenernya tim saya bisa tapi karena faktanya lebih berpihak kepada tim UGM, dan tim saya menjelaskan beberapa teori. Tapi juri mungkin memiliki penilaian sendiri. Saat final lawan UGM, temanya tentang Green Accounting dan saya di pihak kontranya,” imbuhnya.
 
Ditanya untuk rencana ke depan, dirinya ingin berfokus pada kegiatan lomba-lomba lainya. Selain itu, Robih tengah menyiapkan untuk kuliah di luar negeri melalui beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Perlu diketahui, para juara lomba MACC 2018 ini pun berkesempatan meraih Beasiswa Pendidikan Magister Akuntansi di UGM sebesar 40%. ”Beasiswanya ini buat cadangan. Jadi, rencana saya pengen kuliah di luar negeri lewat LPDP. Kalau nanti bukan rejekinya kuliah di luar negeri, mungkin kuliah di UGM akan menjadi alternatif,” pungkasnya.
 
Hal serupa pun diungkapkan oleh Rizal Efendi. Manajer Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIE Perbanas Surabaya periode 2018-2018 ini juga merasa tidak menyangka bisa meraih Juara II karena melihat lawannya berat. Namun, semangat dan motivasi untuk meraih juara akhirnya membuat mereka mempersiapkan segala materi yang diperlombakan. ”Soal-soalnya itu berbobot karena penyelenggaranya S2 (Strata 2,-red), terus dari materi-materinya juga komprehensif. Semua materi keluar juga, mulai dari keuangan, audit, manajemen, dan lainnya,” kesan Rizal.
 
Rizal menambahkan, kesulitan yang dihadapi ketika masuk di babak final. Pasalnya, materi untuk memperebutkan juara 1 dan 2 dikatakan cukup berat. “Mosi yang didebatkan saat final terkait green accounting. Nah, saya belum pernah baca-baca materi tersebut, belum pernah baca-baca jurnal terkait tema tersebut juga. Jadi, dari saya pribadi agak kesusahan menyiapkan argumen. Tapi, alhamdulillah di tim kami ada Mas Robih yang sudah paham dan tahu, mengenai materi tersebut,” pungkasnya. (Eko.r)

 

Login to post comments

Alamat Kampus

  • Kampus 1: Jl. Nginden Semolo 34-36 Surabaya
  • Kampus 2: Jl. Wonorejo Timur 16 Surabaya
  • Telp. 031-5947151, 031-5947152 Fax. 031-5935937
  • Hotline Telp/SMS/WA: 0858 9597 9800
  • email: [email protected]
Anda disini: Beranda