STIE Perbanas Surabaya

Menu
Jumat, 24 Agustus 2018 14:21

Bedah Buku Manajemen Pemasaran Strategik Bank di Era Global

Guru besar STIE Perbanas Surabaya kembali menerbitkan karya terbarunya yang berkaitan pemasaran dunia perbankan. Sesuai dengan bidang keahliannya, beliau mencermati, selama ini memang banyak buku tentang pemasaran, namun khusus membahas pemasaran bidang perbankan sangat sulit ditemukan. Bahkan, bila ditemukan buku yang dimaksud, terkadang pembahasan pemasaran perbankan hanya sekilas dan tidak kompleks.
 
Berangkat dari kondisi tersebut, Prof. Dr. Tatik Suryani, Psi., MM., berinisiatif menyusun buku yang beda dari peredaran. Perbedaan isi buku pun ditekankan pada pembahasan tentang kasus-kasus pemasaran perbankan. ”Buku tentang pemasaran bank sudah ada, tetapi nuansa pemasaran bank tidak ketal. Buku yang saya tulis ini membahas tentang kasus-kasus pemasaran bank yang dilengkapi dengan riset dari Indonesia maupun luar negeri. Termasuk instrumen yang bisa diterapkan dalam pemasaran perbankan,” papar Prof. Tatik Suryani saat menjelaskan isi bukunya dalam acara Bedah Buku Manajemen Pemasaran Strategik Bank di Era Global pada Jumat, 24 Agustus 2018.
 
Bertempat di Ruang Seminar kampus setempat, acara beda buku ini selenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) STIE Perbanas Surabaya. Pada kesempatan yang berbahagia ini turut hadir pula puluhan dosen internal hingga kampus lain, seperti: STIESIA Surabaya, UK Petra Surabaya, dan lainnya. Acara bedah buku ini pun menghadirkan Prof. Dr. Samuel Hatane, S.E., M.S., yakni guru besar Universitas Kristen Petra Surabaya dan dimoderatori oleh Dr. Djuwari, M.Hum., Ketua Jurnal Penelitian dan Publikasi STIE Perbanas Surabaya.
 
Pembedah buku, Prof. Dr. Samuel Hatane, S.E., M.S., mengatakan buku yang ditulis tersebut lebih mengarah kepada buku ajar dan belum tepat dijadikan buku referensi atau rujukan. Dilihat dari isinya, buku ini sudah cukup lengkap karena pembaca diberikan pengantar setiap topik bahasan hingga diberikan kasus agar sesuai realita yang dihadapi pelaku perbankan. ”Buku ini cocok untuk dijadikan sebagai Buku Ajar. Hal itu sesuai karena ini Kemenristekdikti memberikan hibah untuk Buku Ajar,” kupas Prof. Dr. Samuel Hatane, S.E., M.S.
 
Sebelum acara bedah buku ini berakhir, pembedah dan peserta yang hadir pun sangat mengapresiasi atas karya yang diterbitkan oleh salah satu guru besar STIE Perbanas Surabaya. Mereka menyarankan untuk edisi revisi berikutnya agar memasukan pemasaran perbankan yang mengarah pada Revolusi Industri 4.0. Di samping itu, pemasaran pada sektor Financial Institutuions juga perlu dikembangkan karena persaingan perbankan bukan lagi antarbank, melainkan dengan Financial Technology (Fintech). (Eko.r)
 
Login to post comments

Alamat Kampus

  • Kampus 1: Jl. Nginden Semolo 34-36 Surabaya
  • Kampus 2: Jl. Wonorejo Timur 16 Surabaya
  • Telp. 031-5947151, 031-5947152 Fax. 031-5935937
  • Hotline Telp/SMS/WA: 0858 9597 9800
  • email: [email protected]
Anda disini: Beranda