STIE Perbanas Surabaya

Menu
Kamis, 31 Mei 2018 15:29

Smart Talk Radio Sindo= Peran Akuntan Dalam Pengelolaan Dana Desa Untuk Mencegah Terjadinya Fraud

Pada Kamis, 31 Mei 2018, Program Studi (Prodi) Sarjana Akuntansi berbagi pengetahuan terkait “Peran Akuntan Dalam Pengelolaan Dana Desa Untuk Mencegah Terjadinya Fraud” dalam acara Smart Talk Radio Sindo. Dipandu oleh Ibu Wina, segenap pendengar setia Radio Sindo MNC 104.7 FM Tri Jaya tampak antusias mengikuti Talkshow di Ruang A302 Kampus 2 STIE Perbanas Surabaya, Jalan Wonorejo Utara 16 Rungkut Surabaya.

Dian Oktarina, S.E., M.M., selaku narasumber yang didampingi dua mahasiswa STIE Perbanas Surabaya Robih Salam Rahmatullah dan Reza Agus Rivandi memaparkan bahwa desa menjadi ujung tombak dari pendanaan. Ketimpangan sering terjadi antara pedesaan dengan perkotaan, terdapat banyak perbedaan terkait dengan fasilitas, pelayanan, dan lain sebagainya.

“Hal inilah yang membuat akhirnya pemerintah memberikan aturan bahwa desa juga harus mendapatkan dana agar setara dalam pelayanan dan fasilitas yang ada di perkotaan. Untuk mengembangkan anak-anak bangsa yang dari desa agar bisa belajar seperti yang di kota,” papar Ibu Dian.
 
Lalu, Robih Salam Rahmatullah mendefinisikan bahwa dana desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi desa, yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.
 
Sementara itu, Reza Agus Rivandi menjelaskan terkait peran akuntan sebagai akuntan sektor publik/pemerintah melalui beberapa tahap. “Tahap perencanaan dengan menyusun sistem pengendalian internal pemerintah desa dalam bidang keuangan untuk melindungi aset desa. Tahap Pelaksanaan dan Penatausahaan dengan mencatat dan memproses transaksi secara rutin untuk mempersiapkan laporan keuangan. Tahap Pelaporan dan Pertanggungjawaban dengan Menyusun laporan keuangan dana desa untuk dilaporkan kepada pemerintah desa dan pemerintah pusat secara bertanggung jawab dan sesuai dengan format dasar pelaporan keuangan yang telah disediakan pemerintah pusat,” jelasnya. (Fitri.r)

 

Login to post comments

Alamat Kampus

  • Kampus 1: Jl. Nginden Semolo 34-36 Surabaya
  • Kampus 2: Jl. Wonorejo Timur 16 Surabaya
  • Telp. 031-5947151, 031-5947152 Fax. 031-5935937
  • Hotline Telp/SMS/WA: 0858 9597 9800
  • email: [email protected]
Anda disini: Beranda