STIE Perbanas Surabaya

Menu
Senin, 20 November 2017 11:45

Mahasiswa Diploma 3 Fokuskan Promosi Via Digital Marketing

 

Pesatnya perkembangan teknologi ternyata mampu mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia hingga dunia. Saat ini manusia dimudahkan dalam beraktivitas dengan adanya akses internet. Di bidang ekonomi sendiri, transaksi berbasis internet sangat marak bahkan menjadi kewajiban. Terlebih, untuk memasarkan produk dirasa lebih murah pakai internet dibandingkan media lainnya.
Menghadapi tantangan era modern, mahasiswa STIE Perbanas Surabaya khususnya Program Studi Diploma 3 mendapatkan materi tentang digital marketing. Sebanyak 40 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Manajemen Pemasaran mengikuti Kuliah Tamu Program Diploma 3, dengan mengusung tema "Menciptakan Strategi Digital Marketing yang Kreatif, Kuat, dan Efektif" pada Senin, 20 November 2017. Bertempat di Ruang IIA302, perkuliahan ini menghadirkan tamu dari praktisi marketing, yakni Mochammad Syaiful Awi, S.Ag., SQ. (Former Managing Editor PT. Kompas Gramedia Group dan Owner Kawan Media Solutions). 
Pemateri menyampaikan bahwa promosi di era modern mayoritas mengarah pada digital marketing. Lebih dari 7 juta penduduk Indonesia menggunakan media sosial untuk promosi. ”Pada tahun 2015, akun media Facebook paling banyak dimiliki oleh masyarakat  Indonesia dibandingkan akun media sosial lainnya. Di media ini juga, saya promosi di fanpages facebook dengan target sekitar 19 ribu orang ternyata hanya menggunakan biaya Rp 20.000,- saja.,” papar  Mochammad Syaiful Awi.
Pada kesempatan ini, salah satu peserta kuliah tamu, Icha menanyakan terkait media yang masih efektif digunakan untuk promosi. "Saat ini media online makin banyak digunakan oleh pengusaha untuk promosi, lantas media lain yang digunakan seperti koran, radio, atau televisi?"tanya Icha saat perkuliahan. 
Mochammad Syaiful memaparkan bahwa peran media memiliki tempat masing-masing. "Untuk media koran masih memiliki kepercayaan terkait content yang disampaikan, namun kefektifan promosinya di era sekarang yang masih dipertimbangkan oleh pengusaha. Lantas, peran media online bisa mencakup lebih banyak partisipan dengan harga sangat murah," jelasnya.
Beliau menyarankan, dalam melakukan promosi perlu menentukan target yang diinginkan terlebih dahulu. Selanjutnya, target yang terjaring diberikan informasi produk yang kreatif dan menarik. "Perusahaan dengan penyajian promosi yang kreatif nantinya akan menarik target lebih banyak. Jadi, pelaku usaha atau industri harus menekankan promosi berbasis digital yang kreatif sehingga masyarakat akan tertarik dan berkesan," pesannya saat perkuliahan berlangsung. (.r)

 

Login to post comments

Alamat Kampus

  • Kampus 1: Jl. Nginden Semolo 34-36 Surabaya
  • Kampus 2: Jl. Wonorejo Timur 16 Surabaya
  • Telp. 031-5947151, 031-5947152 Fax. 031-5935937
  • Hotline Telp/SMS/WA: 0858 9597 9800
  • email: [email protected]
Anda disini: Beranda